GuidePedia

0
Anda tetap bisa melakukan kustomisasi domain melalui client area di https://my.domainesia.com secara otomatis maupun manual. Pada prinsipnya sama kok. Mungkin untuk anda yang menyukai tantangan dan pengen tahu apa aja prosesnya, bisa coba custom domain ke Blogspot secara manual. Nah, yang harus anda persiapkan yaitu email dan password untuk login https://my.domainesia.com serta akun Blogspot. Email dan password login ini merupakan akun anda di DomaiNesia ya guys. Yaps, akun ketika anda mendaftar di DomaiNesia!
Custom Domain ke Blogger Secara Manual
Adapun langkah- langkah dalam custom domain ke blogger melalui my.domainesia.com yaitu,

1. Login Client Area (https://my.domainesia.com)

Langkah pertama yaitu, buka https://my.domainesia.com pada web browser. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat mendaftar di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.
custom domain ke blogspot di cpanel

2. Memilih Domains

Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman client area. Pada halaman ini anda dapat mengelola semua produk yang telah anda beli. Karena kali ini akan dilakukan custom domain, maka silahkan klik Menu Domains pada bagian sidebar (bagian sebelah kiri). Kemudian beri tanda centang dan klik pada domain yang dipilih.

3. Mengarahkan Nameserver ke DomaiNesia

Kemudian anda akan diarahkan ke halaman kelola domain. Pertama kali yang harus di cek yaitu Name Server. Silahkan klik tab Nameserver, dan pastikan anda memilih Use default nameservers. Jika domain yang digunakan merupakan domain .ID, maka silahkan ikuti Cara Custom Domain ID ke Blogger. Nah, apabila bingung dalam setting name server, silahkan ikuti Panduan Mengubah Name Server. Setelah selesai, silahkan klik Change Nameservers.
Setiap customer dapat memiliki nameserver yang berbeda- beda. Untuk itu, apabila ingin melakukan custom domain, pastikan nameserver sesuai dengan yang ada di Client Area anda! 

4. Mengelola DNS Zone Editor

Masih tetap pada menu Domains, silahkan pilih tab Addons. Kemudian terdapat DNS Zone Manager. Nah, DNS Zone Manager ini berfungsi untuk mengelola DNS (Domain Name Server). Apa fungsi Domain Name Server? Mengapa harus dikelola? Hmmm coba baca Apa itu DNS. Untuk mengelola DNS, silahkan klik Manage.

5. Menambahkan A Record

Nah, step ini merupakan hal yang penting karena anda harus mengarahkan IP Address Blogspot/ Blogger ke domain yang anda miliki. Masukkan A record lalu isikan hostname dan IP address dari blogger. Adapun IP address dari blogger/ blogger sendiri yaitu,
Isikan satu persatu IP Address Blogspot tersebut. Jangan lupa klik Save Changes.
Catatan: Apabila ada perbedaan gambar, silahkan hubungi Tim Support DomaiNesia melalui live chat website ya!

6. Melakukan Pengaturan di Akun Blogspot

Langkah selanjutnya dalam custom domain ke Blogger, buka tab baru pada browser, ketikkan www.blogger.com. Kemudian login menggunakan akun blogger anda. Pilih Setelan kemudian klik Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik tulisan Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.
custom domain ke blogspot di cpanel
Tuliskan nama domain yang telah didaftar pada A record tadi. Misalnya www.websitesaya.net. Lalu klik Simpan. Maka akan ada error dari pihak blogger yaitu “Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini“. Mengapa itu bisa terjadi? Hal ini dikarenakan domain yang anda tuliskan belum ada sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Untuk melakukan sinkronisasi, terdapat host unik dan record unik dari google yang harus di masukkan ke pengaturan domain.
custom domain ke blogspot di cpanel

7. Menambahkan CNAME Record

Buka my.domainesia.com tadi lagi, kemudian tambahkan record pada CNAME. Pada kolom Host, masukkan nama domain anda dan pada kolom kedua isikan ghs.google.com. Kemudian klik Save Changes.
Masukkan host unik dan record unik dari google. Jangan lupa untuk memilih tipe CNAME recordIngat, setiap akun memiliki host unik dan record unik yang berbeda. Jadi, pastikan copy paste sesuai dengan yang tertera di akun blogger anda!
Catatan: Pastikan anda telah menambahkan 4 A record yang berisi 4 IP address dari blogger dan 2 CNAME record!

8. Memasukkan Kembali Domain/ URL Pihak Ketiga

Setelah pengaturan tadi anda tambahkan semua, hal selanjutnya yaitu silahkan login ke blogger.com lagi. Kemudian masuk Setelan, pilih Dasar. Pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda. Masukkan kembali nama domain seperti Step ke-5. Setelah itu pilih Simpan. Maka alamat blog telah berubah sesuai nama domain yang anda berikan. Dan pastikan tidak ada error seperti tadi lagi ?

9. Menunggu Proses Resolving DNS dan Update Konfigurasi

Reminder, untuk proses custom domain ke Blogspot di cPanel ini memerlukan waktu kurang lebih 24 jam untuk resolving DNS dan update konfigurasi. Apabila telah berhasil terhubung, anda akan dihadapkan dengan opsi pengalihan domain dari non-www ke www pada dashboard blogger. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada pilihan www.

Post a Comment

terima kasih atas komentarnya

 
Top